Pengertian Public Relation

Public relation adalah salah satu fungsi yang ada pada manajemen yang menjadi perantara antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya. Public realtion bersifat membantuk suatu perusahaan, organisasi atau badan institusi supaya dapat bekerja sama dengan baik.
Dengan adanya public relation ini maka bisa tercipta jalinan hubungan komunikasi yang baik membuat dapat menguntungkan pihak-pihak yang melakukan komunikasi.
Tanpa keterlibatan public relation yang baik, organisasi atau perusahaan tidak dapat bertahan lama atau bisa saja tidak berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, peran public relation sangat penting dan benar-benar harus menjadi perhatian.
Definisi umum public relation yaitu suatu interaksi yang dijalankan oleh dua pihak yang kemudian akan tercipta keuntuungan untuk kedua belah pihak yang berhubungan. Terdapat banyak keuntungan yang diperoleh dari public relation ini seperti terbentuk keinginan dan harapan yang baik, rasa percata terhadap satu dengan pihak lain, dan juga akan memotivasi untuk dapat berperan dalam hubungan masyarakat.
Sedangkan secara khusus public relation merupakan hubungan yang pada akhirnya sangat bermanfaat untuk membangun suatu hubungan komunikasi, kerjasama serta dukungan antara yang satu dengan yang lainnya.
Ada banyak kelebihan yang diperoleh pada saat melakukan public relation. Hubungan yang bisa terjadi dengan baik dan terus menerus nanti akan memunculkan minat untuk melayani masyarakat dengan baik.
Organisasi yang selalu melaksanakan public relation akan lebih memperoleh simpati dan juga dapat bekerja sama dengan baik oleh masyarakat.

Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli

Adapun beberapa ahli mengemukakan pendapat mereka mengenai public relation antara lain:

John E. Marston (dalam bukun Modern Public Relation: 1979)

Pengertian public relation menurut John E. Martston, Public relation is planned, persuasive coomunication designed to influence significant public”

Robert T. Relly (1981)

Pengertian public relation menurut Robert T. Relly, Public relation is the art and social science of analyzing trends, predicting their consequences, counseling organizations leaders, and implementing planned program of action which serve both the organizations and the public interest.

Foundation for Public Relations Research and Education (1975)

Pengertian public relation menurut Foundation for Public Relations Research and Education, Public relations is a distinctive management function which helps establish and maintain mutual lines of communications, understanding, acceptance, and cooperation between an organization and its publics; involve the management of problems or issues; helps management to keep informed on and responsive to public opinion; defines and emphasizes the responbility of management to serve the public interest; helps management to abreast of and effectively utilize change, serving as an early warning system to help anticipate trends; and uses research and sound and ethical communication techniques as it principal tools.

Frank Jefkins (1995:9)

Pengertian public relation menurut Frank Jefkins adalah sesuatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam ataupun keluar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.

IPR (Institute Public Relations)

Pengertian public relation menurut IPR adalah praktek humas yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan (terus-menerus) dalam rangka menciptakan dan mempertahankan naik baik (goodwill), serta sikap-sikap yang saling pengertian yang bersifat timbal balik (Mutual Understanding) antara suatu organisasi atau perusahaan dengan segenap khalayaknya)

J.C. Seidel

Pengertian public relation menurut J.C. Seidel adalah proses yang terus menerus dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para pelanggannya, para pekerjanya, dan masyarakat luas, ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, ke luar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.

Maria (2002, p.7)

Pengertian public relation menurut Maria adlah interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus karena public relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan

Coulsin Thomas (2002)

Pengertian public relation menurut Coulsin Thomas adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi

Scholz (1999, p.2)

Pengertian public relation menurut Scholz adalah adalah suatu perencanaan yang mendorong untuk mempengaruhi persepsi masyarakat melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial berdasarkan suatu komunikasi timbal balik untuk mencapai keuntungan pada kedua belah pihak.