Kekurangan dan Kelebihan Perbankan

8 Desember 2016   02:18 Diperbarui: 8 Desember 2016   02:21  513  0 0
ARTIKEL TENTANG KEKURANGAN DAN KELEBIHAN PERBANKAN
Berbicara tentang perbankan dulu yang saya tau bank itu adalah pusat pembuatan uang walaupun memang sungguh melenceng dari istilah sebenarnya,tetapi itu benar-benar apa yang ada difikiran saya pada waktu itu ketika saya masih belum tau pasti apa itu yang namanya bank,padahal Realitanya yang membuat uang itu adalah bank sentral/bank indonesia, setelah saya banyak tau tentang perbankan meskipun gak 100% sih ,ternyata banyak sekali manfaat dari pada perbankan salah satunya adalah menyimpan uang masyarakat dan memberi kemudahan pengiriman uang dari satu nasabah ke nasabah lain,dan banyak lagi yang lainnya.
Sedangkan pengertian perbankan menurut pengetahuan saya sendiri adalah suatu lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat yang mampu atau kelebihan dana dan menyalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan seperti berbentuk pinjaman,serta melayani transaksi yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi nyata di masyarakat. Didalam bank terdapat banyak produk seperti Tabungan Giro Deposito dll,dunia perbankan kini sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan manusia sehari-hari,apalagi saat ini banyak masyarakat yang melakukan usaha sendiri dan bekerjasama dengan bank guna memperlancar usaha,dan sebaliknya,itu aja sih hanya sekilas yang saya ketahui tentang perbankan,selebihnya bisa di baca pada buku-buku tentang perbankan.
Perbankan itu sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat selain memudahkan untuk transaksi,uang masyarakat yang ada di bank aman dari pencurian atau jambret,namun kenapa saat ini masih banyak Bank dan ATM yang terjadi kebobolan ataupun kecurangan yang dilakukan oleh pihak internal sendiri. Mengapa masih ada pihak internal atau karyawan melakukan kecurangan pada bank tempat ia bekerja,sampai-sampai bisa meraup hasil milyaran rupiah dari bank tersebut. Pertanyaannya mengapa hal itu sampai terjadi ? Apa sebabnya ? tentu menjadi pertanyaan yang sangat besar,dan hal inilah yang menjadikan masyarakat berfikir bank itu memliki kelemahan,mungkin bisa dari sisi pengawasannya yang kurang,padahal pada pasalnya pihak internal/karyawan dalam sebuah bank memiliki otoritas yang tinggi dalam mengelola dan mengawasi bank. Nah dari kasus tersebut maka perlu bagi pihak internal untuk memperkuat tugasnya dalam menjaga dan mengelola uang masyarakat,karena kejujuran dan kedisiplinan adalah dimulai dari pihak internal,jika pihak internal jujur dan amanah maka Nasabah juga akan tekendali dengan baik,minimal kasus tersebut tidak terjadi kembali agar masyarakat tidak menjadi hilang kepercayaan terhadap perbankan.