English for Business : 5 Cara Memulai Obrolan dengan Bahasa Inggris

Halimatus Sya'diyah

Aug 28, 2018 • 7 min read
Halo, Rekan Kerja! Kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk menaikkan citra perusahaan di mata klien sekaligus membangun hubungan kerja yang lebih luas. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, terkadang Anda butuh obrolan ringan ketika bekerja sebelum membicarakan hal yang lebih serius. Ada tata caranya supaya Anda tidak canggung ketika berhadapan dengan klien dan kolega kerja menggunakan Bahasa Inggris. Supaya tidak gagap, mari simak ulasan berikut!
bahasa inggrisPenting sekali menggali kemampuan Bahasa Inggris di dunia perkantoran (Sumber : englishforbusinesscommunication.com)                    
1. Memperkenalkan diri dengan baik
bahasa inggris
Jangan takut memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris (Sumber : rawpixel.com)
Perkenalan diri dapat menjadi ajang yang menakutkan bagi seseorang yang tidak suka menjadi pusat perhatian. Namun, jika tidak berkenalan, bagaimana orang kantor akan menyapa Anda? Mulailah secara perlahan dan hilangkan ketakutan yang berlebihan. Ingat, klien dan kolega akan menilai Anda dari kesan pertama! Mereka senang dengan pribadi yang sopan.
Contoh :
Hello, I am Lucy. I just started as the project manager in the marketing department.” (Perubahan dapat disesuaikan tergantung nama dan jabatan Anda).
Setelah itu, ada kalanya lawan bicara juga memperkenalkan dirinya. Tunjukkan respon dengan gestur tubuh yang sopan, seperti tersenyum. Kemudian, Anda dapat membalasnya dengan kalimat :
“Nice to meet you! How long have been you working here?”
2. Menceritakan diri Anda dengan santun
bahasa inggris
Sesekali ceritakan tentang diri Anda (Sumber : pexels.com)
Obrolan ringan ibarat ping pong, begitu kata Christina pada kanal Youtube miliknya “Speak English With Christina”. Anda bukan hanya terus bertanya, namun ada kalanya Anda juga memberikan informasi ke lawan bicara ketika berinteraksi. Informasi tersebut dapat berupa pengalaman pribadi Anda seperti pekerjaan, hobi, atau jalan-jalan yang dilakukan di masa lampau. Frasa yang biasa digunakan adalah “I used to…”
Contoh :
I used to work as a marketing assistant at…. (sebut nama tempat kerja yang dahulu).
I used to travel to America last year. The view was amazing!
3. Berbicara dan meminta tolong dengan hormat
bahasa inggrisKetahui ungkapan minta tolong dalam Bahasa Inggris (Sumber : sithealthier.com)
Obrolan ringan dapat menjadi senjata ampuh dalam memikat hati klien sebelum masuk ke obrolan bisnis. Anda harus terlihat sebagai pribadi yang menyenangkan dan dapat dipercaya. Temukan kesamaan pada diri Anda dengan lawan bicara agar obrolan tidak melulu serius. Namun , jika pekerjaan Anda sudah mendekati tenggat waktu, maka mintalah tolong secara sopan yang diawali dengan “could you?” atau sejenisnya seperti “would you…?
Contoh : 
“ Do you have any vacation planned for long weekend? Beach will be great.”
“ So, you are alumna of  that university? We are one alumna!
Could you connect me with the manager to confirm the meeting?”
Would you help to solve the problem?
4. Perhatikan perbedaan kosakata informal dan formal
bahasa inggrisBerbeda tingkatan, berbeda kesan pula (Sumber : youtube.com)
Tingkatan Bahasa Inggris terbagi menjadi dua, yakni formal dan informal. Perbedaan keduanya tidak terlalu mencolok, hanya saja jika ingin meningkatkan kesan diri yang lebih kuat di mata orang lain maka gunakanlah Bahasa Inggris dengan level profesional (english for business). Berikut beberapa kosakata yang dapat meningkatkan profesionalisme di kantor :
  • Got”  diganti “received” : received your email.
  • Need” diganti “require” : require some assistance.
  • Get in touch” diganti “contact” : How do I contact her?
  • “Make sure” diganti “ensure” : Please ensure you arrive on time.
  • Let them know” diganti “inform” : Please inform them of your arrival.
  • Talk more” diganti “elaborate” : Could you please elaborate on the subject?
  • “Fix” diganti “solve” : How do you solve the problem?
5. Memperluas kosakata
bahasa inggrisSemakin banyak tahu, semakin baik (Sumber : pexels.com)
Sekarang Anda sudah mengetahui dasar-dasar memulai obrolan ringan dengan Bahasa Inggris. Akan tetapi, jangan berhenti belajar, ya! Teruslah perluas kosakata agar semakin mahir mengembangkan obrolan ringan menjadi serius. Supaya mudah, belajar pakai aplikasi ruangkerja saja! Aplikasi ruangkerja menyediakan podcast persiapan kosakata IELTS & TOEFL dengan beberapa menu pilihan, yakni kosakata sehari-hari, teknologi, musik, keuangan, bisnis, dan jurnalistik.
Nah, itu dia beberapa tips yang ruangkerja sajikan untuk Anda kali ini. Kemampuan Bahasa Inggris ternyata penting untuk karier Anda di era globalisasi sekarang. Anda tetap dapat menggali kemampuan berbahasa asing tanpa harus melupakan bahasa persatuan. Supaya belajar lebih seru, yuk unduh aplikasi ruangkerja sekarang juga! Selamat mengembangkan diri, Rekan Kerja!